Blogroll

KOMPONEN PASIF ELEKTRONIKA


Lama nggak posting,kini saya akan memosting mngenai komponen pasif elektronika.
KOMPONEN PASIF
Ada dua macam komponen elektronika, yaitu komponen pasif dan komponen aktif. Contoh komponen pasif adalah  resistor, kapasitor, inductor, dan transformator. Transistor dan rangkaian terpadu(IC) merupakan contoh dari komponen aktif.
Dari sini kiata akan membahas komponen pasif yaitu resistor, kapasitor, dan transformator.
·         Resistor
Merupakan komponen pasif yang dibuat untuk mendapatkan hambatan tertentu. Agar dapat menggunakan resistor dengan baik kita perlu mengetahui beberapa hal seperti bahan pembuatnya, nilai hambatan, toleransi,lesapan daya, derau dan perilakunya pada frekuensi tinggi.resistor yang paling banyak digunakan terbuat dari karbon yang dilapiskan pada sebatang keramik.resistor seperti ini disebut resistor film karbon.
Resistor macam lain yang sering digunakan orang adalah resistor film logam. Film yang digunakan adalah suatu suasa nikel.resistor ini dapat dibuat untuk pemakaian presisi dan mempunyai derau rendah.
Satu macam resistor lagi yang sering digunakan adalah resistor kawat. Resistor macam ini  mempunyai nilai presisi tinggi dan derau amat rendah,lagi pula di uat dengan nilai hambatan di bawah 1 ohm.resistor ini mempunyai induktansi dan kapasitansi parastitik, sehingga tanpa lillitan khusus tak dapat digunakan untuk frekuensi   tinggi.
·         Kapasitor
Kapasitor merupakan suatu komponen pasif yang dibuat untuk mendapatkan kapasitansi tertentu. Kapasitor terbuat dari dua buah pelat konduktor yang dipisahkan oleh suatu lapisan isolator.
Selain  kemampuan tegangan, beberapa sifat lain yang penting untuk diingat dalam menggunakan kapasitor adalah toleransi, tanggapan frekuensi, factor lesapan,kebocoran,koefisien suhu dan kemantapan.
Bahan lain yang digunakan untuk dielektrelit pada kapasitor  adalah plastik (polikarbonat,polister,polistiren).
Frekuensi resonansi untuk berbagai kapasitor adalah sbb :
Kapasitor                                                            frekuensi resonansi
plastik (film)                                                                       1MHZ
mika                                                                                    1MHZ
keramik(cakram,tabung)                                                      10MHZ
elektrolit (Al lembaran                                                         50MHZ
keramik (monolitik)                                                             100MHZ
·         Transformator
Pada dasarnya transformator merupakan suatu komponen pasif denhan empat ujung. Sepasang ujung disebut primer dan pasangan ujung yang lain disebut sekunder. Transformator digunakan untuk mengubah tegangan bolak-balik pada sekunder, dengan menggunakan fluks magnetic. Ttansformator juga dugunakan unutuk transformasi atau pengubahan impedansi.
      Transformator digunakan dalam elektronika untuk menurunkan tegangan  bolak-balik atu menaikan tegangan bolak-balik pada  listril PLN . Transformator seperti ini disebut transformator daya.
      Di dalam elektronika , transformator ada yang digunakan untuk menyampaikan isyarat dari penguat daya kepada beban, misalnya suatu pengeras suara.transformator seperti ini disebut transformator keluaran. di dalam radio dan televise digunakan transformator untuk menggandeng masukan kepada penguat atau dari suatu penguat ke penguat lain.

0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent